325
Oleh : Humas JIH 27 - February - 2012 4 Komentar

Jakarta, RSIA Jakarta Islamic Hospital menggelar acara ceramah kesehatan “Mengenal Bahaya Nyeri Sendi “ pada hari Sabtu, 25 Februari 2012. Acara ini diselenggarakan bertujuan untuk memberikan pendidikan kesehatan kepada masyarakat khususnya untuk mengenal bahaya nyeri sendi. Sedikitnya 20 peserta yang berasal dari warga masyarakat kelurahan Kp. Tengah, kelurahan Kp. Gedong, dan kelurahan Rambutan hadir untuk mengikuti ceramah kesehatan ini. Para peserta undangan sangat antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh dr. H. Basuki Supartono, Spesialis Bedah Tulang , Otot, dan Sendi. “Nyeri Sendi itu jika tidak ditangani dengan serius maka akan mengganggu kualitas hidup kita” ujar dokter yang sehari-harinya berpraktek di RSIA Jakarta Islamic Hospital ini. “Mudah bagi kita untuk bisa mengetahui apakah sendi kita sehat atau tidak yaitu dengan mengevaluasi gerakan sholat kita saat duduk apakah mengalami nyeri, sakit atau tidak” Lanjut dr. Basuki. Selama lebih dari 1 jam, dr. Basuki, dokter spesialis Orthopedi yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun membagikan ilmunya untuk mengenal lebih jauh tentang bahaya nyeri sendi. Disela-sela memberikan ceramah tak lupa juga dr. Basuki langsung memeriksa keadaan peserta yang mengalami nyeri sendi saat melakukan gerakan sholat. Salah satunya adalah Pak Alamsyah seorang pegawai kelurahan Rambutan yang mengalami nyeri pada saat sholat. Pak Alamsyah langsung diberikan terapi CPM yaitu alat yang digunakan untuk meningkatkan fungsi gerak sendi lutut. “Saya sangat senang sekali dengan acara ini, saya jadi tahu nyeri sendi itu harus ditangani dengan serius” ujar Pak Alamsyah. Selain Pak Alamsyah, masih banyak pertanyaan yang disampaikan oleh para peserta dan ditanggapi dengan jawaban yang sangat gamblang dan jelas oleh dr. Basuki. Manfaat yang bisa diambil oleh RSIA Jakarta Islamic Hospital adalah memperkenalkan keberadaan rumah sakit ibu dan anak sebagai mitra masyarakat menuju sehat. Acara yang dipandu oleh sdri. Erna ditutup pada jam 12.00 siang dengan membagikan doorprice bagi peserta yang proaktif. (N)


404

4 Komentar selama ini.

  1. Fauzi Herbal says:

    mau nanya nih, gimana caranya supaya kita terhindar dari penyakit nyeri sendi?

    • Humas JIH says:

      Ass.wrwb.
      Terim kasih atas pertanyaannya pak Fauzi.
      Nyeri sendi banyak penyebabnya. Bisa karena gangguan fungsi atau
      gangguan struktur. Gangguan fungsi misalnya karena gangguan otot,
      syaraf, sistem kekebalan tubuh dll. Gangguan struktur misalnya karena
      gangguan struktur di sendi tersebut atau gangguan struktur di tempat
      yang lain. Gangguan struktur di sendi setempat misalnya perubahan
      struktur jaringan kapsul sendi atau kerusakan struktur setempat
      misalnya kerusakan struktur tulang, tulang rawan, jaringan ikat
      setempat atau struktur yang,lain misalnya meniskus. Gangguan struktur
      di tempat yang lain misalnya gkelainan bentuk tulang belakang
      (skoliosis), perubahan bentuk kaki misalnya flat feet, atau ketidak
      seimbangan tubuh dll. Oleh karenanya dokter akan memeriksa pasien dan
      menentukan dimana penyebabnya. Kalau penyebabnya dihilangkan biasanya
      keluhannya hilang, disamping juga dokter memberikan terapi tambahan
      seperti penghilang nyeri dll. Tipnya berolahraga teratur setengah jam
      sehari, sepekan tiga kali, kalau sendi sakit jangan diberi beban
      seperti naik tangga dll. Bila sakit berlanjut .Sebaiknya datang ke
      dokter untuk pemeriksaan dan tindaklanjutnya.

      dr. Basuki Supartono, SpOT, FICS, MARS
      Waslm….Wr.Wb.

  2. nila triningsih says:

    Assalamu’alaikum….
    saya berusia 30 tahun dan ingin bertanya mengenai penyakit nyeri sendi ata radang sendi, secara tiba2 saya mengalami sakit sendi dibagian kaki belakang, lutut, dan telah berobat ke dokter dan diberikan obat penghilang nyeri sendi, tetapi jika minum obat rasa sakit nya hilang, jika tidak akan terasa kembali sakitnya dan sudah 2 minggu,beberapa pertanyaan yg ingin saya tanyakan.
    1. apa penyebab nyeri sendi atau radang sendi?
    2. bagaimana mengatasinya dan apa dampak jika minum obat penghilang nyeri sendi secara terus menerus
    3. pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis apa ya?

    Mohon informasinya dan terima kasih
    wasalam
    Nila

    • Humas JIH says:

      Jawaban :
      Aslm..Wr..Wb……
      Terima Kasih atas pertanyaan Ibu Nila. Nyeri sendi disebabkan 2 hal utama yaitu gangguan struktur dan gangguan fungsional. Gangguan struktur adalah gangguan pada system tulang penyangga tubuh mis. kelainan Scoliosis ini juga dapat menimbulkan rasa sakit pada sendi. Kedua gangguan fungsional adalah gangguan pada selain tulang mis. Otot, syaraf, ligamen, dll. Penyebab gangguan fungsional sangat banyak mis. Reumatik dan lain-lain. Pengobatannya dengan menghilangkan penyebabnya dan keluhannya dengan obat-obatan atau tindakan bedah. Jangan meminum obat penghilang nyeri secara terus menerus karena berbahaya karena dapat merusak system ginjal. Sebaiknya ibu datang ke dokter Spesialis Orthopedi terdekat atau datang ke rumah sakit kami.
      Waslm..Wr..Wb..
      Terima Kasih
      Dr. Basuki Supartono, SpOT,FICS,MARS


Jadwal Dokter Spesialis : Spesialis Orthopaedi – Selasa dan Jum'at Pukul : 19.00 – 21.00 Sabtu dengan perjanjian, Spesialis Kebidanan dan Kandungan – Senin s/d Sabtu, Spesialis Anak – Rabu dan Sabtu, Spesialis Penyakit Dalam – Selasa dan Kamis Pukul : 17.00 – 19.00, Spesialis Bedah Ongkologi – Dengan Perjanjian, Dokter Gigi - Senin s/d Sabtu, I G D  |  Fasiltas dan Pelayanan di RSU Al-Fauzan (Jakarta Islamic Hospital) :  Spesialis Penyembuhan Luka Diabetes - Hotline 0812 8015 1503, Poli Umum, Poli Gigi, Poli Spesialis : Spesialis Kebidanan dan Kandungan (dengan dokter perempuan), Jadwal Poli Laktasi: Senin 11.00 s.d 12.00, Rabu 12.00 s.d 13.00, dan Sabtu 11.00 s.d 12.00, Spesialis Anak, Spesialis Bedah Tulang, Bedah Umum dan Spesialis Penyakit Dalam, Rawat Inap, Persalinan 24 Jam, Apotik 24 Jam, Laboratorium 24 Jam, Radiologi, Senam Hamil. Pelayanan unggulan RSU Al-Fauzan (Jakarta Islamic Hospital) : Pelayanan USG 4 Dimensi dengan harga terjangkau hanya dengan Rp. 300.000,- , Program Inseminasi Intra Uterin   Rp. 3.500.000,-, Khitan Smart Klamp Rp. 1.100.000,- ( bonus Celana sunat), pelayanan perawatan luka, USG OTOT, SENDI, TULANG dan SARAF, Alat-alat Orthopedi, MCU... Info Lebih Lanjut hubungi kami di (021) 8402821.