521
Oleh : Humas JIH 15 - January - 2013 0 Komentar

Pertanyaan:
Dr. Prita, saya mau tanya, anak saya yg pertama lahir dgn SC dikarenakan air ketuban rembes jadi tinggal sedikit. Sudah diinduksi tp tidak ada bukaan. Skr saya sdg hamil 26 minggu,  anak pertama usia 19 bulan. Apakah saya nanti bs melahirkan normal? Terima kasih

 

Jawaban :

Assalaamu’alaikum wr. Wb

Ibu Rizki yang baik, selamat berbahagia dalam menanti kelahiran anak kedua.  Persalinan pervaginam (normal) setelah operasi sesar dimungkinkan dengan beberapa syarat, yaitu :

–          Persalinan sesar terdahulu bukan disebabkan oleh kesempitan panggul

–          Operasi sesar baru satu kali

–          Jarak antar persalinan tidak kurang dari 18 bulan

–          Pada kehamilan  yang sekarang tidak ada kelainan letak

–          Persalinan berlangsung dengan normal dari segi waktu, tidak ada perlambatan atau kemacetan, dan ketuban pecah sebelum waktunya.

Persalinan pervaginam sesudah operasi sesar bersifat persalinan percobaan.  Sehingga percobaan tersebut mungkin berhasil mungkin juga gagal.  Kita semua hanya berusaha dan berdoa.

Setelah mempelajari penyebab dilakukannya operasi sesar pada bu Rizki, yaitu ketuban rembes dan gagal induksi, dan jarak usia dengan anak pertama yang sudah lebih dari 18 bulan, maka Insya Allah ada peluang untuk menjalani persalinan normal.  Selain doa, hendaknya ibu juga mempersiapkan diri secara fisik dengan kontrol kehamilan yang teratur, mengonsumsi makanan halal dan bergizi, mengikuti kelas senam hamil.  Pastikan pula bahwa ibu tidak menderita anemia (kurang darah) dan hiertensi.  Persiapkan mental dan ruhiyyah dengan cara banyak membaca hal-hal terkait persalinan dari sumber yang sahih, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah.  Kemukakan maksud dan keinginan  ibu untuk melakukan persalinan pervaginam kepada dokter yang memeriksa selama ini.

Demikian ibu Rizki, semoga  maksud mulia ini diridhoi dan diberkahi Allah SWT. Dan terpenting adalah sifat tawakkal, yakni setelah berdoa dan berusaha sekuat tenaga untuk menjalani persalinan normal, namun ternyata Allah SWT belum mengijinkan sehingga ibu terpaksa harus menempuh jalan operasi sesar kembali untuk kedua kalinya, maka tidak kekecewaan yang terlalu mendalam. Sesungguhnya Allahlah yang  menilai niat kita dan Dia pulalah yang memberikan pahala.

Wassalaamu’alaikum wr. wb


404

Jadwal Dokter Spesialis : Spesialis Orthopaedi – Selasa dan Jum'at Pukul : 19.00 – 21.00 Sabtu dengan perjanjian, Spesialis Kebidanan dan Kandungan – Senin s/d Sabtu, Spesialis Anak – Rabu dan Sabtu, Spesialis Penyakit Dalam – Selasa dan Kamis Pukul : 17.00 – 19.00, Spesialis Bedah Ongkologi – Dengan Perjanjian, Dokter Gigi - Senin s/d Sabtu, I G D  |  Fasiltas dan Pelayanan di RSU Al-Fauzan (Jakarta Islamic Hospital) :  Spesialis Penyembuhan Luka Diabetes - Hotline 0812 8015 1503, Poli Umum, Poli Gigi, Poli Spesialis : Spesialis Kebidanan dan Kandungan (dengan dokter perempuan), Jadwal Poli Laktasi: Senin 11.00 s.d 12.00, Rabu 12.00 s.d 13.00, dan Sabtu 11.00 s.d 12.00, Spesialis Anak, Spesialis Bedah Tulang, Bedah Umum dan Spesialis Penyakit Dalam, Rawat Inap, Persalinan 24 Jam, Apotik 24 Jam, Laboratorium 24 Jam, Radiologi, Senam Hamil. Pelayanan unggulan RSU Al-Fauzan (Jakarta Islamic Hospital) : Pelayanan USG 4 Dimensi dengan harga terjangkau hanya dengan Rp. 300.000,- , Program Inseminasi Intra Uterin   Rp. 3.500.000,-, Khitan Smart Klamp Rp. 1.100.000,- ( bonus Celana sunat), pelayanan perawatan luka, USG OTOT, SENDI, TULANG dan SARAF, Alat-alat Orthopedi, MCU... Info Lebih Lanjut hubungi kami di (021) 8402821.