1,340
Oleh : Humas JIH 12 - July - 2011 9 Komentar

Pertanyaan:

Saya pernah mengalami keguguran hampir satu tahun lalu, tapi sampai sekarang saya blm hamil lagi.

faktor apa ya mempengaruhi?

saya dapat rekomendasi dari teman untuk konsultasi dan pemiksaan dengan dr. prita di JIH.

kira2 apa saja jenis pemiksaan dan berapa biaya yang harus saya siapkan.

terima kasih.

ratna <na2qo_saxxxxx@yahoo.com>

 

Jawaban :

Assalaamu’alaikum wr. wb

Ibu Ratna yth,

Setelah mengalami keguguran dan sampai satu tahun sesudahnya belum hamil lagi, maka ibu dan suami memang direkomendasikan untuk segera menjalani pemeriksaan dasar infertilitas.

Untuk itu, silakan ibu dan suami menghubungi bagian pendaftaran JIH sesuai jadwal yang ada.

Adapun waktu konsultasi yang dianjurkan adalah pada saat haid, antara hari ke-1 sampai hari ke -3.  Untuk konsultasi awal, dipersilakan datang bersama-sama dengan suami.  Pada kunjungan pertama akan  dilakukan wawancara, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan USG transvaginal.

Apabila ada, bawalah pemeriksaan-pemeriksaan laboratorium yang pernah dilakukan pasca keguguran atau sesudahnya.  Apabila ibu mempunyai catatan tanggal haid setiap bulannya, mohon catatan terebut dibawa juga.

Demikian yang bisa saya jelaskan, bu Ratna.  Termakasih atas kepercayaan ibu.

Wassalaamu’alaikum wr. wb

dr. Prita Kusumaningsih, SpOG


404

9 Komentar selama ini.

  1. Indriani Prihartantri says:

    Dear,
    dr.Prita Kusumaningsih, SpOG

    Assalamu’alaikum wr wb

    Saya pernah mengalami keguguran pd bulan Oktober’11, saat itu saya dikuret dlm umur kehamilan menginjak 9 minggu. Dulu pertama kali saya tespek hasilnya terdapat 2 garis tp garis yg satunya(garis positif) terlihat samar.
    Saya priksa kedokter kandungan dan dinyatakan positif dan saya diberi obat penguat kandungan karna saat itu saya sempat flek.

    Sekarang setelah 4 bln saya tespek lagi dengan hasil tespek terdapat 2 garis dan garis positifnya tdk nyata kembali. Saya dpt rekomendasi dari teman untuk priksa ke dr.Prita diJIH tp saya harus menunggu 4 hr kedepan utk bertemu dr.Prita.

    Karna saya tdk sabar menunggu tgl 25 Februari’12 saya kedokter kandungan dekat dari rmh. Saat itu saya langsung diUSG transvaginal, saya sangat kaget karna dokter bilang belum ada apa2 dirahim saya dan tespek yg saya lakukan dia bilang blm tentu positif. Walaupun haid trakhir saya tgl 16 Januari’12 tp mnurut dokter itu kmungkinan kl saya hamil usianya br skitar 1 atau 2 minggu dan jika dlm wktu 2 minggu saya blm haid saya disarankan kembali kesana utk USG lagi.

    Saya masih trauma dengan kejadian 4 bln silam, saya mohon saran dari dr.Prita untuk masalah saya.

    Terima kasih,
    Indriani

    • Humas JIH says:

      Wa’alaikumussalam wr.wb
      Bu Indriani yth,
      Pertama kali ijinkan saya mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan ibu. Dikarenakan masalah teknis, pertanyaan tidak terunggah sehingga tidak diketahui oleh admin laman. Saya berharap permasalahan bu Indri sudah teratasi, dan Allah SWTsudah memberikan ganti yang lebih baik kepada ibu. Meskipun demikian saya tetap akan menjawab pertanyaan ini karena boleh jadi permasalahan yang serupa, dialami pula oleh orang lain.
      Pada saat haid seseorang tidak datang pada tanggal yang diharapkan, dan kemudian mendapati test kehamilannya positif, maka pada saat itu kehamilannya telah berusia 2 pekan. Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) bu Indri adalah 16 Januari, dan test kehamilan menunjukkan positif. Saat tanggal 25 Februari dilakukan pemeriksaan USG transvaginal, usia kehamilannyasudah sekitar 3 pekan. Pada usia tersebut gambaran yang didapatkan melalui USG transvaginal bisa berupa gambaran kantung gestasi dengan diameter kurang dari 10 mm, atau tak tampak gambaran kantung gestasi namun terdapat pembesaran ukuran rahim dan didapatkan penebalan lapisan endometrium yang dikenal dengan nama desidualisasi. Untuk mengonfirmasi usia kehamilan, bisa dilakukan pemeriksaan USG ulang pada 2 pekan kemudian. Kalau kehamilan berjalan dengan baik, pada pemeriksaan ulangan akan terlihat perkembangan yang sangat signifikan, yaitu kantung kehamilan membesar, dan di dalamnya tampak mudigah. Terkadang sudah bisa dideteksi pula aktivitas jantung pada mudigah tersebut. Nah, semoga kabar baiklah yang diterima oleh bu Indri.
      Namun adakalanya, beberapa kali saya jumpai, seseorang dengan haid terlambat, dan mengaku sudah melakukan test kehamilan dengan hasil positif, namun pada pemeriksaan USG tidak ada tanda-tanda kehamilan satu pun. Untuk itu, perlu dilakukan test kehamilan ulangan. Biasaya, test ulang akan menunjukkan nilai negatif. Bagaimana bisa? Tentu bisa, karena test kehamilan pada prisipnya adalah suatu reaksi kimia, untuk mendeteksi adanya hormon BHCG yang diproduksi oleh sel- sel trofoblast. Waktu pemeriksaan yang dianjrkan adalah pagi hari, dengan asumsi, air seni jumlahnya cukup banyak dan agak pekat. Waktu pembacaan hasil (positif atau negatifnya) adalah 5 menit setelah mencelupkan stik ke dalam air seni. Kurang dari 5 menit hasilnya belum akurat, namun sebaliknya bila dibaca terlalu lama bisa memberikan hasil yang rancu,yaitu hasil yang semula negatif (garis 1) bisa berubah menjadi poistif (garis 2).
      Kira-kira yang mana yang dialami oleh mbak Indri? Kalau harapan saya, semoga setelah ulangan USG 2 pekan kemudian, sudah nampak gambaran kantung kehamilan serta mudigah yang ditunggu-tunggu.(nin)
      Wassalaamu’alaikum wr. wb

  2. iin says:

    Dear,
    dr.Prita Kusumaningsih, SpOG

    Assalamu’alaikum wr wb

    Dokter, saya mau brtanya mengenai tes lab paket TORCH, saya menikah sdh satu tahun dan dlm setahun saya sdh 2x mengalami keguguran dan dua2nya dinyatakan janinnya tdk brkembang, saya sdh tanya kebeberapa dokter spog mreka hanya menyarankan utk tes lab dan tdk bs menjelaskan penyebab janin tdk brkembang. Mnurut dokter apa yg saya hrs lakukan dan diJIH brp biaya utk tes tsb dan apa syaratnya…??

    Wassalam mualaikum wr wb
    iin

    • Humas JIH says:

      Wa’alaikum Salam Wr.Wb.

      Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan, pertanyaan ibu akan segera dijawab oleh narasumber kami.

      • Humas JIH says:

        Jawaban :
        Wa’alaikumussalaam wr.wb
        Mbak Iin yang baik, saya turut bersimpati atas kejadian dua kali keguguran secara berturut-turut yang anda alami. Semoga setelahnya Allah SWT memberikan ganti yang lebih baik. Kalau memang janin pada kehamilan anda dinyatakan tidak berkembang, maka itulah yang dinamakan dengan Blighted Ovum (sering disingkat “BO”) atau dalam bahasa Indonesia, “Kehamilan Nirmudigah”.
        Perlu dicamkan terlebih dahulu bahwa penyebab keguguran adalah kehamilan yang tidak normal tersebut. Bukan karena ‘salah makan’ atau aktivitas yang berlebihan. Sehingga anda tak perlu merasa bersalah, dan bahkan kalau ada yang menyalahkan anda karena ‘terlalu banyak naik turun tangga’ atau ‘gara-gara naik motor di jalan berlubang’ maka hal itu harus diluruskan.
        Untuk menjelaskan penyebab janin tidak berkembang, memang sulit. Karena penyebabnya sangat banyak dan multifaktor. Namun demikian, unsur terbesarnya adalah karena faktor kelainan kromosom atau genetik. Atau untuk mudahnya, kualitas sel telur dan/ atau sel sperma kurang baik.
        Pemeriksaan TORCH (Toxoplasma Rubella Citomegalovirus Herpes Simpleks) hanyalah satu dari sekian banyak penyebab. Belum tentu disebabkan oleh salah satu dari TORCH. Meskipun demikian, tak ada salahnya menjalani pemeriksaan ini. Pemeriksaannya melalui darah, dan tidak ada syarat khusus sebelumnya. Biaya pemeriksaan cukup tinggi, dan bervariasi antara 1 laboratorium dengan laboratorium yang lain. Kisarannya adalah 1,5 sampai 1,8 juta. Selain itu, anda bisa juga menjalani beberapa test laboratorium lain,misalnya kadar serum antiphospholipid, gula darah, dan tiroid. Tidak hanya istri,suami pun dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan analisa sperma. Dibandingkan dengan pemeriksaan untuk istri, pemeriksaan analisa sperma ini relatif mudah dan murah.
        Dalam dunia medis dikenal istilah abortus habitualis, yaitu seseorang yang mengalami abortus sebanyak 3 kali berturut-turut. Untuk kasus seperti ini, pasutri dianjurkan melakukan pemeriksaan analisa kromosom. (nin)
        Wassalaamu’alaikum wr. wb

  3. ritce says:

    Dear Dr. Prita

    Asslmu’alaikum wr wb

    sy menikah sdh 5 tahun tp blm jg hamil, haid sy jg tdk lancar. D bln des sy mengalami pendarahan & stlh itu sy gk haid, dbln maret sy flek selama 2hr s/d skrg blm jg haid. Udh TP hsl neg. Kira2 sy kenapa y ya, mohon penjelasannya. Trima kasih

    wassalam……

    • Humas JIH says:

      Jawaban :

      Wa’alaikumussalaam wr. Wb
      Mbak Ritce yang baik,
      Pertama kali ijinkan saya mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan ini. Dikarenakan masalah teknis, pertanyaan tidak terunggah sehingga tidak diketahui oleh admin laman. Meskipun demikian saya tetap akan menjawab pertanyaan ini karena boleh jadi permasalahan yang serupa, dialami pula oleh orang lain. Dan tentunya saya berharap semoga saat membaca jawaban ini anda sudah mendapatkan apa yang selama ini ditunggu-tunggu yaitu kehamilan.
      Mbak Ritce, pasangan yang sudah menikah selama 5 tahun, tidak menggunakan alat kontrasepsi, dan melakukan hubungan suami istri secara teratur namun belum dikaruniai kehamilan, maka sangat dianjurkan untuk datang berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan atau poli infertilitas di rumah sakit.
      Yang bisa saya tengarai dari siklus anda adalah haid yang sedikit dan jarang. Pada siklus seperti itu, kemungkinan besar siklusnya adalah anovulasi, yaitu tidak ada pelepasan sel telur, sehingga tidak ada yang bisa dibuahi. Memang untuk memastikannya harus melalui serangkaian pemeriksaan.
      Sebelum anda berdua berkonsultasi ke dokter, ada baiknya menilik kondisi tubuh dan pola makan serta pola aktivitas selama ini. Faktor-faktor tersebut sedikit banyak turut berkontribusi terhadap ketidakteraturan haid.
      Pertama, hitunglah Indeks Massa Tubuh anda. Gunakan rumus : IMT = BB (kg) /TB(m)2.
      Apabila hasilnya di atas 27 – 29 , maka anda termasuk golongan kelebihan berat badan. Disarankan untuk mengurangi berat badan sebanyak 5% dari BB sekarang.
      Kedua, cara menurunkan berat badan adalah dengan menghilangkan konsumsi lemak, terutama lemak trans yang banyak terdapat pada hidangan siap saji. Hindarilah mengonsumsi makanan jenis “fast food”.
      Ketiga, rutinlah berolahraga, yaitu sebanyak 3 kali sepekan yang lamanya minimal 30 menit. Olahraga ini dianjurkan meskipun berat badan anda dalam kisaran normal.
      Nah, mbak Ritce segera ajaklah suami untuk bersama-sama berkonsultasi tentang belum adanya kehamilan ini. Dari keseluruhan penyebab infertilitas, 35% diantaranya berasal dari faktor suami. 45% dari faktor istri, 10% dari keduabelah pihak bersama-sama, dan sisanya tidak diketahui penyebabnya. (nin)
      Wassalaamu’alaikum wr. wb

  4. may says:

    bagaimana cra pendaftarannya


Jadwal Dokter Spesialis : Spesialis Orthopaedi – Selasa dan Jum'at Pukul : 19.00 – 21.00 Sabtu dengan perjanjian, Spesialis Kebidanan dan Kandungan – Senin s/d Sabtu, Spesialis Anak – Rabu dan Sabtu, Spesialis Penyakit Dalam – Selasa dan Kamis Pukul : 17.00 – 19.00, Spesialis Bedah Ongkologi – Dengan Perjanjian, Dokter Gigi - Senin s/d Sabtu, I G D  |  Fasiltas dan Pelayanan di RSU Al-Fauzan (Jakarta Islamic Hospital) :  Spesialis Penyembuhan Luka Diabetes - Hotline 0812 8015 1503, Poli Umum, Poli Gigi, Poli Spesialis : Spesialis Kebidanan dan Kandungan (dengan dokter perempuan), Jadwal Poli Laktasi: Senin 11.00 s.d 12.00, Rabu 12.00 s.d 13.00, dan Sabtu 11.00 s.d 12.00, Spesialis Anak, Spesialis Bedah Tulang, Bedah Umum dan Spesialis Penyakit Dalam, Rawat Inap, Persalinan 24 Jam, Apotik 24 Jam, Laboratorium 24 Jam, Radiologi, Senam Hamil. Pelayanan unggulan RSU Al-Fauzan (Jakarta Islamic Hospital) : Pelayanan USG 4 Dimensi dengan harga terjangkau hanya dengan Rp. 300.000,- , Program Inseminasi Intra Uterin   Rp. 3.500.000,-, Khitan Smart Klamp Rp. 1.100.000,- ( bonus Celana sunat), pelayanan perawatan luka, USG OTOT, SENDI, TULANG dan SARAF, Alat-alat Orthopedi, MCU... Info Lebih Lanjut hubungi kami di (021) 8402821.