10,935
Oleh : Humas JIH 22 - February - 2012 7 Komentar

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum wr wb

Dear dr. Prita
usia kandungan saya saat ini sudah memasuki pekan ke 34. saya merasa aktifitas bayi saya cenderung di sebelah kanan. karena hal itu, saya sering merasakan sakit di daerah perut bagian atas (abdomen) sebelah kanan..saya agak khawatir, karena disanakan ada organ Hati.karena, kalo bayinya gerak2 jadi sakit dan sakitnya itu kadang suka sampai ke punggung sebelah kanan juga. itu kenapa ya dok?
mohon pencerahannya.
terimakasih

Regard,
Shafiyah

Jawaban :

Assalaamu’alaikum wr. wb
Ibu Shafiyah yang berbahagia,
Alhamdulillah, Allah SWT telah memberikan kesehatan dan kekuatan sehingga selama 34 pekan usia kehamilan ibu mampu menjalaninya  tanpa gangguan yang bermakna.
Ibu Shafiyyah, di usia 34 pekan, memang puncak rahim sedang dalam posisi yang tertinggi, mendekati diafragma.  Hal ini menyebabkan sesak napas saat berbaring telentang, demikian juga gerakan bayi bisa membuat nyeri di perut bagian atas.  Ada pun gerakan-gerakan yang cenderung terasa di sebelah kanan, mungkin karena punggung bayi ibu berada di sebelah kiri sehingga yang berada di sebelah kanan adalah anggota gerak, yakni tangan dan kaki.  Tangan dan kaki merupakan bagian-bagian kecil yang relatif lebih banyak gerakannya.  Namun jangan khawatir
bahwa gerakan tersebut akan mencederai organ tubuh ibu, karena bayi tetap berada di dalam rongga rahim yang dindingnya cukup tebal dan kuat.  Adapun rasa nyeri yang menjalar sampai ke punggung, itu merupakan penjalaran melalui serabut otot.  Nanti di usia 36 pekan ke atas, dimana kepala bayi mulai memasuki pintu atas panggul, desakan di daerah ulu hati akan berkurang sehingga ibu akan merasa lebih nyaman.
Sementara ini cara mengatasinya adalah dengan mencari posisi yang ‘enak’ dan nyaman.  Biasanya dengan berbaring miring ke kiri, dengan menyangga punggung maupun di antara kedua tungkai. Di kala duduk, tegakkan punggung sehingga diafragma menjauhi perut, dan kalau perlu berilah sandaran di kursi.  Kalau ibu membiasakan berkomunikasi dengan bayi, cobalah untuk ‘memberitahu’ bayi supaya tidak terlalu keras menendang perut ibu.
Meskipun demikian, apabila rasa nyeri tersebut terasa terus menerus, dan disertai rasa sebah atau mual, lebih baik ibu segera berkonsultasi kepada dokter.

Wassalaamu’alaikum wr. wb


404

7 Komentar selama ini.

  1. Cut nizmah wulan sari says:

    Aslm,

    Dear Dr.Prita usia kandungan saya saat ini sudah memasuki minggu ke-22..tapi semenjak usia kandungan saya 15 minggu saya merasakan sakit daerah perut bawah sebelah kanan.dan makin parah sakitnya..mohon penjelasannya..saya sedikit bingung karena waktu kehamilan anak yang pertama saya tidak mengalaminya.terima kasih banyak.

    • Humas JIH says:

      Ibu Cut Nizmah yang baik,
      Assalaamu’alaikum wr. wb
      Tentang rasa nyeri di perut kanan bawah yang ibu rasakan, ada beberapa kemungkinan dimana untuk menentukan sebab pastinya ibu harus diperiksa oleh dokter.

      Kemungkinan pertama, adalah regangan dari ligamen penyangga rahim. Nyeri yang berasal dari regangan ini bersifat ringan, berlangsung sesaat saja, tapi dapat berulang. Nyeri yang seperti ini biasanya hilang dengan sendirinya dengan banyak beristirahat.

      Kemungkinan kedua adalah infeksi. Bisa berasal dari usus buntu yang memang lokasinya di sebelah kanan bawah (namun pada kehamilan 22 pekan lokasi tersebut agak naik ). Biasaya disertai dengan tanda-tanda infeksi yang lain misalnya demam ringan, dan terkadang sedikit mual. Nyeri bersifat menetap dan bahkan mungkin memberat terutama saat berjalan.

      Kemungkinan ketiga adalah infeksi saluran kemih. Bisa dari saluran kemih bagian atas, dimana nyeri menjalar dari pinggang belakang menuju ke kandung kemih, atau berasal dari kandung kemih, yang menimbulkan nyeri pada daerah di atas tulang kemaluan. Nyeri saluran kemih ini bisa disertai nyeri saat berkemih (anyang2an – bhs. jawa) atau tidak.

      Kemungkinan keempat adalah kontraksi rahim. Sifat nyerinya lebih ke arah nyeri haid, dan datangnya hilang timbul.

      Nah, untuk memastikan nyeri yang mana yang ibu derita, ibu harus diperiksa oleh dokter, dan kemungkinan besar dokter juga memerlukan pemeriksaan penunjang (laboratorium) untuk memastikannya.
      Wassalaamu’alaikumwr. wb

  2. een says:

    Assalamualaikum wr.wb
    Dear Dr.Prita usia kandungan saya 29 minggu, pergerakan bayi saya aktif tapi mengapa gerakan-gerakan bayi saya dominan di perut sebelah kanan sedangkan perut bagian kiri gak. kenapa y Dok?
    berat badan saya sebelum hamil 40kg, memasuki usia 29 minggu naik 8 kg, skrang mlah nurun lgi jd 47 kg. bagaimana dok apakah berat badan saya ini normal/kurang? terimakasih

    Wasalamu,alaikum wr.wb.

  3. rani says:

    ass.Dr prita kpn kehamilan bs diktahui mlalui testpack?klo bru sminggu pa dh bs dideteksi? wss

    • Humas JIH says:

      Jawaban konsultasi :
      Ibu Rani yang baik, Assalaamu’alaikum wr. wb
      Alat pendeteksi kehamilan yang kita kenal dengan sebutan test pack itu sebenarnya mendeteksi keberadaan hormon Beta Human Chorionic Gonadotropin, yang disingkat dengan B-hCG. Hormon B-hCG sendiri diproduksi oleh sel-sel trofoblast, yaitu sel yang melingkupi hasil pembuahan (zigot yang berbentuk blastula) dan merupakan sel cikal bakal plasenta. Hormon B-hCG ini dapat dideteksi di dalam urine maupun di dalam darah. Keberadaan di dalam darah dapat dideteksi lebih dini daripada di dalam urine. Kadar hormon B-hCG terus meningkat sampai dengan usia kehamilan 60 hari, dan setelah itu kadarnya berangsur menurun.
      Dari penjelasan tersebut, dapat dipahami bahwa alat test pack sebenarnya sudah dapat digunakan sebelum seseorang menyadari bahwa dirinya mengalami keterlambatan haid. Yaitu sekitar 7 hari setelah terjadinya pembuahan. Saat terbaik untuk melakukan pemeriksaan adalah pagi hari, dimana urine dalam kondisi pekat sehingga kadar B-hCG tinggi. Meskipun demikian, mengingat peristiwa ini adalah reaksi kimia, maka bisa saja terjadi salah penilaian, yaitu positif palsu atau negatif palsu. Untuk itu disarankan pemeriksaan diulang dalam jarak 7 – 14 hari. Bila kemudian didapatkan keterlambatan haid, maka bisa datang ke dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan USG guna memastikan diagnosa.
      Wassalaamu’alaikum wr. wb

      dr. Prita Kusumaningsih, SpOG

  4. Weny says:

    Assalamualaikum wr. wb

    dear dr. prita..sekarang usia kandungan saya sudah memasuki 33 minggu..saya mau bertanya nih dok..ciri2 bayi sungsang itu bagaimana,,?? ada yang bilang katanya kalau perut kita lebih keras diatas dari pada dibawah katanya itu sungsang. Nah perut saya sekarang lebih keras dibagian atas..serta sekarang janin sy semenjak memasuki usia 8 bulan lebih aktif gerak dibagian atas perut atau tepatnya dibawah dada..jadi posisi janin saya kira-kira sungsang apa tidak ya dok..terima kasih

    Wassalamualaikum wr.wb

    Salam Hangat,

    Weny OCtasari

    • Humas JIH says:

      Jawaban :
      Ibu Weny yang berbahagia,
      Alhamdulillah, ibu telah berhasil melampaui 33 pekan kehamilan dengan berbagai romantikanya. Tapi nampaknya ada keraguan – atau kegalauan (?) – tentang posisi bayi, ya. Bu Weny, untuk mengetahui dengan pasti bagaimana posisi bayi dalam rahim bisa melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG). Kalau selama ini ibu kontrol di bidan, beliau juga bisa melakukan pemeriksaan melalui perabaan diinding perut untuk memrediksi posisi bayi. Apabila ada kecurigaan presentasi bokong (sungsang), beliau akan merujuk ke dokter kandungan untuk memastikannya.
      Memang terkadang bayi sungsang , yang berarti kepala berada di dekat ulu hati, memberikan sensasi sebah dan rasa mengganjal di perut ibu bagian atas. Namun tentu saja perasaan subyektif tersebut harus dikonfirmasi dengan pemeriksaan USG. Kalau ternyata memang benar sungsang, ada beberapa latihan senam yang bisa memberikan stimulasi ke bayi agar posisinya berputar menjadi kepala di bawah. Saya tekankan agar ibu tidak mendatangi dukun pijat yang kemudian berusaha ‘memutar’ bayi tersebut secara paksa.
      Ada beberapa kondisi dimana kepala bayi agak lambat turun ke panggul, di antaranya lilitan tali pusat atau talipusat pendek. Namun , ibu tidak perlu khawatir secara berlebihan karena Allah SWT telah merancang rahim dengan bentuk yang sedemikian rupa sehingga memosisikan bayi menjadi kepala di bawah. Lebih dari 90% bayi lahir dengan kepala di bawah. Untuk meyakinkan, segeralah mengunjungi dokter kandungan dan disamping itu saya anjurkan untuk mengikuti kelas senam hamil.
      Wassalaamu’alaikum wr. wb


Jadwal Dokter Spesialis : Spesialis Orthopaedi – Selasa dan Jum'at Pukul : 19.00 – 21.00 Sabtu dengan perjanjian, Spesialis Kebidanan dan Kandungan – Senin s/d Sabtu, Spesialis Anak – Rabu dan Sabtu, Spesialis Penyakit Dalam – Selasa dan Kamis Pukul : 17.00 – 19.00, Spesialis Bedah Ongkologi – Dengan Perjanjian, Dokter Gigi - Senin s/d Sabtu, I G D  |  Fasiltas dan Pelayanan di RSU Al-Fauzan (Jakarta Islamic Hospital) :  Spesialis Penyembuhan Luka Diabetes - Hotline 0812 8015 1503, Poli Umum, Poli Gigi, Poli Spesialis : Spesialis Kebidanan dan Kandungan (dengan dokter perempuan), Jadwal Poli Laktasi: Senin 11.00 s.d 12.00, Rabu 12.00 s.d 13.00, dan Sabtu 11.00 s.d 12.00, Spesialis Anak, Spesialis Bedah Tulang, Bedah Umum dan Spesialis Penyakit Dalam, Rawat Inap, Persalinan 24 Jam, Apotik 24 Jam, Laboratorium 24 Jam, Radiologi, Senam Hamil. Pelayanan unggulan RSU Al-Fauzan (Jakarta Islamic Hospital) : Pelayanan USG 4 Dimensi dengan harga terjangkau hanya dengan Rp. 300.000,- , Program Inseminasi Intra Uterin   Rp. 3.500.000,-, Khitan Smart Klamp Rp. 1.100.000,- ( bonus Celana sunat), pelayanan perawatan luka, USG OTOT, SENDI, TULANG dan SARAF, Alat-alat Orthopedi, MCU... Info Lebih Lanjut hubungi kami di (021) 8402821.