506
Oleh : Humas JIH 5 - November - 2012 2 Komentar

Pertanyaan:
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
dokter Prita yang di rahmati Allah,memang kalo hamil sering ngantuk ya…,apa sih penyebabnya?
Jazakillah khairan jaza atas jawabannya
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Jawaban :
Wa’alaikumussalaam wr. wb
Ibu Rahayu yang disayang Allah, rasa ngantuk biasanya dirasakan pada kehamilan trimester 1 atau pada usia 12 pekan ke bawah.  Biasanya rasa ini timbul bersamaan dengan rasa mudah lelah dan sakit punggung.  Penyebabnya diperkirakan berasal dari aktivitas hormon progesteron. Namun Insya Allah keluhan mudah mengantuk ini tidak seterusnya, melainkan hanya di trimester 1.  Setelah melewati usia 12 pekan, keluhan tersebut berangsur menghilang.  Dan pada usia 18 pekan ke atas ibu sudah bersemangat lagi dalam mengerjakan aktivitas sehari-hari.
Lantas bagaimana menyikapi “ngantuk”? Saran saya, bila ibu tidak bekerja di luar rumah/kantor, silakan tidur sejenak di pagi hari, setelah selesai sarapan dan berbelanja misalnya.  Demikian pula di siang hari, ibu boleh-boleh saja sejenak merebahkan diri.  Apabila bu Rahayu bekerja di kantor, boleh tidur sejenak di pagi hari barang 1/2 – 1 jam.  Di kantor usahakan memperoleh udara segar dan tidak berada di tempat yang penuh orang.  Bawalah air putih atau permen jahe guna mengusir kantuk.  Boleh juga mencuci muka secara berkala untuk memberikan kesegaran.
Demikian bu Rahayu, semoga kehamilan ini berjalan dengan lancar dan ibu pun dapat menikmatinya.

Wassalaamu’alaikum wr. wb

dr. Prita Kusumaningsih, SpOG


404

2 Komentar selama ini.

  1. Rizky Amelia says:

    Bismillahirrahmanirrahim
    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Selamat siang dr.Prita.
    Mudah-mudahan dalam keadaan baik dan sehat.

    Ada yang ingin saya tanyakan, saya memiliki benjolan dibadan tepatnya dibawah ketiak 6cm-ran. Ini sudah terjadi dari saya hamil, dan sampai sekarang masih ada (sudah melahirkan dan anak saya sudah 18m). Terkadang hilang terkadang muncul. Suami saya sudah raba dan tidak ada didalamnya. Tetapi saya masih ragu. Mungkin saya telat menanyakan hal ini, mohon bantuanya.

    Apakah saya harus ke dokter spesialis atau bagaimana dok?.

    Terima kasih atas perhatian dan bantuanya.
    Mohon maaf mengganggu.

    • Humas JIH says:

      Jawaban :
      Wa’alaikum salaam. Wr. Wb
      Semoga ibu Rizki pun dalam kondisi baik dan sehat.
      Adanya benjolan di bawah ketiak yang terkadang muncul dan terkadang hilang, mungkin hanya merupakan timbunan lemak saja. Apalagi bila ibu mengatakan bahwa awal munculnya adalah saat hamil. Ditambah kenyataan bahwa suami sudah merabanya namun tak menemukan massa apa pun. Coba dicek, apakah berat badan ibu sekarang lebih berat daripada saat sebelum hamil? Bila “ya”, sudah saatnya untuk mengembalikan berat badan yang notabene adalah kelebihan lemak dengan jalan mengatur pola makan dan berolahraga secara rutin dan teratur.
      Selain itu apakah ibu sekarang masih menyusui? Kalau “ya”, mungkin bisa ditunggu setelah si kecil disapih (6 bulan lagi, kan?), dan dievaluasi apakah benjolan tersebut masih ada.
      Kalau ibu tetap merasa tidak nyaman dan was-was, bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah atau konsultan bedah onkologi. Silakan menghubungi bagian pendaftaran RSIA JIH untuk pembuatan janji.
      Demikian ibu Rizki, semoga Allah SWT memberikan ketenangan dan kenudahan untuk ibu.
      Wassalaamu’alaikum wr. wb

      dr. Prita Kusumaningsih,SpOG


Jadwal Dokter Spesialis : Spesialis Orthopaedi – Selasa dan Jum'at Pukul : 19.00 – 21.00 Sabtu dengan perjanjian, Spesialis Kebidanan dan Kandungan – Senin s/d Sabtu, Spesialis Anak – Rabu dan Sabtu, Spesialis Penyakit Dalam – Selasa dan Kamis Pukul : 17.00 – 19.00, Spesialis Bedah Ongkologi – Dengan Perjanjian, Dokter Gigi - Senin s/d Sabtu, I G D  |  Fasiltas dan Pelayanan di RSU Al-Fauzan (Jakarta Islamic Hospital) :  Spesialis Penyembuhan Luka Diabetes - Hotline 0812 8015 1503, Poli Umum, Poli Gigi, Poli Spesialis : Spesialis Kebidanan dan Kandungan (dengan dokter perempuan), Jadwal Poli Laktasi: Senin 11.00 s.d 12.00, Rabu 12.00 s.d 13.00, dan Sabtu 11.00 s.d 12.00, Spesialis Anak, Spesialis Bedah Tulang, Bedah Umum dan Spesialis Penyakit Dalam, Rawat Inap, Persalinan 24 Jam, Apotik 24 Jam, Laboratorium 24 Jam, Radiologi, Senam Hamil. Pelayanan unggulan RSU Al-Fauzan (Jakarta Islamic Hospital) : Pelayanan USG 4 Dimensi dengan harga terjangkau hanya dengan Rp. 300.000,- , Program Inseminasi Intra Uterin   Rp. 3.500.000,-, Khitan Smart Klamp Rp. 1.100.000,- ( bonus Celana sunat), pelayanan perawatan luka, USG OTOT, SENDI, TULANG dan SARAF, Alat-alat Orthopedi, MCU... Info Lebih Lanjut hubungi kami di (021) 8402821.