870 total views,  3 views today

Pertanyaan:
Assalamu ‘alaikum wr.wb.

dok, saya wanita berusia 27 tahun, belum menikah. Begini dok, 2 hari yang lalu katika buang air kecil saya kaget meraba adanya benjolan di labia mayora sebelah kanan bawah, sebelah lubang vagina. Benjolannya agak besar (bukan seperti bisul) tapi tidak sakit, tidak merah dan sejauh ini tidak menganggu aktivitas. saya merasa khawatir dengan benjolan itu. Apa sebenarnya benjolan itu dokter? jika ingin periksa sebaiknya ke bagian apa? tks _wassalam_

Nn. R.

Jawaban :

Wa’alaikum salaam wr. wb
Membaca deskripsi lokasi benjolan, yaitu di labia mayora di sebelah liang vagina maka kemungkinannya adalah sebuah kista dari kelenjar Bartholini.  Kelenjar tersebut bermuara di tempat yang disebutkan itu.  Terkadang karena proses infeksi yang berulang bisa menimbulkan pembesaran dan akhirnya menjadi kista.  Infeksi akut bisa menyebabkan abses (bisul) yang sangat nyeri.  Adapun kista, bisa tenang namun bisa pula terserang infeksi akut.
Sebaiknya segera diperiksakan ke dokter kandungan.  Apabila kistanya cukup besar bisa dilakukan tindakan pengangkatan kista  melalui operasi kecil. Tidak perlu khawatir karena operasi tersebut Insya Allah tidak akan mengenai selaput dara.

Wassalamu’alaikum wr. wb