96 total views,  1 views today

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum Wr.Wb.

Selamat siang dr.Prita.
Mudah-mudahan dalam keadaan baik dan sehat.

Ada yang ingin saya tanyakan, saya memiliki benjolan dibadan tepatnya dibawah ketiak 6cm-ran. Ini sudah terjadi dari saya hamil, dan sampai sekarang masih ada (sudah melahirkan dan anak saya sudah 18m). Terkadang hilang terkadang muncul. Suami saya sudah raba dan tidak ada didalamnya. Tetapi saya masih ragu. Mungkin saya telat menanyakan hal ini, mohon bantuanya.

Apakah saya harus ke dokter spesialis atau bagaimana dok?.

Terima kasih atas perhatian dan bantuanya.
Mohon maaf mengganggu.

 

Jawaban :

Wa’alaikum salaam. Wr. Wb

Semoga ibu Rizki pun dalam kondisi baik dan sehat.

Adanya benjolan di bawah ketiak yang terkadang muncul dan terkadang hilang, mungkin hanya merupakan timbunan lemak saja.  Apalagi bila ibu mengatakan bahwa awal munculnya adalah saat hamil. Ditambah kenyataan bahwa suami sudah merabanya  namun tak menemukan massa apa pun.  Coba dicek, apakah berat badan ibu sekarang lebih berat daripada saat sebelum hamil? Bila “ya”, sudah saatnya untuk mengembalikan berat badan yang notabene adalah kelebihan lemak dengan jalan mengatur pola makan dan berolahraga secara rutin dan teratur.

Selain itu apakah ibu sekarang masih menyusui? Kalau “ya”, mungkin bisa ditunggu setelah si kecil disapih (6 bulan lagi, kan?), dan dievaluasi apakah benjolan tersebut masih ada.

Kalau ibu tetap merasa tidak nyaman dan was-was, bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah atau konsultan bedah onkologi.  Silakan menghubungi bagian pendaftaran RSIA JIH untuk pembuatan janji.

Demikian ibu Rizki, semoga Allah SWT memberikan ketenangan dan kenudahan untuk ibu.

Wassalaamu’alaikum wr. wb

dr. Prita Kusumaningsih, SpOG