73 total views,  1 views today

Pernah seorang ibu hamil tua mengadu kepada saya dengan terisak-isak. Apa pasal? Ternyata, kepindahannya keluar Jawa beserta keluarganya harus tertunda. Sementara anak dan suaminya sudah terbang, dirinya terpaksa harus tetap tinggal dikarenakan tidak membawa surat keterangan dari dokter yang menyatakan bahwa kehamilannya aman untuk penerbangan!

Dalam kasus ini, bukannya ibu hamil dilarang naik pesawat, namun pihak maskapai menginginkan surat rekomendasi dokter untuk jaminan keamanan. Terutama apabila perut hamilnya sudah kentara sekali buncitnya. Yang ditakutkan adalah terjadinya persalinan di atas pesawat.

Karenanya, komunikasikan dengan dokter apabila anda merencanakan perjalanan mudik dengan pesawat. Sebelum menuliskan surat rekomendasi, tentunya dokter akan melakukan pemeriksaan dengan seksama untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikian juga kalau anda merencanakan persalinan di kampung halaman. Komunikasikan sebelumnya dengan dokter yang merawat selama ini agar bisa direkomendasikan pada pekan ke berapa sebaiknya anda pulang kampung. Hal-hal yang menjadi pertimbangan antara lain adalah lama dan moda perjalanan, usia kehamilan, kehamilan ke berapa, serta riwayat persalinan sebelumnya.

Selamat mudik buat para bumil!

Sumber : http://drprita.multiply.com/reviews/item/43