247 total views,  1 views today

Pertanyaan:
Ass dokter…..
dr. prita, sy sdh menikah 1,1 tahun. umur sy 25, suami 24. haid saya sangat teratur tiap bulan siklus 30-31 hari. sy dan suami jg berpola hidup sehat dokter. tdk prnh merokok atw alkohol, banyak mkn sayur jg dg dimasak sendiri.
kenapa saya belum hamil ya dok? kalau mau konsultasi ke dokter hari ke brapa setelah haid ya dok? trus perkiraan ovulasi sya kpn dok?
terimakasih seblumnya dokter,mohon dijawab.

Jawaban :
assalaamu’alaikum wr. wb
Ibu Yuni yang semoga dirahmati Allah, terimakasih atas kunjungan dan pertanyaannya.
Alhamdulillah, ibu dan suami sudah menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat.  Semoga kondisi ini bisa terus dipertahankan.
Mengingat usia pernikahan yang sudah satu tahun lewat satu bulan (13 bulan), memang sudah saatnya bagi pasutri untuk berkonsultasi masalah belum terjadinya kehamilan.  Secara statistik, pada usia pernikahan satu tahun, sebanyak 80% pasangan sudah memperoleh kehamilan. 10% sisanya akan memperoleh di tahun kedua, sementara 10%nya lagi di tahun berikutnya, dan memerlukan terapi.  Namun syaratnya adalah, melakukan hubungan suami istri secara teratur dan tidak menggunakan kontrasepsi. Bila ibu dan suami sudah melakukan apa yang saya sebutkan namun belum juga hamil, maka sudah waktunya untuk berkonsultasi tentang masalah ini.

Ovulasi, diperkirakan terjadi 14 hari sebelum haid yang akan datang. Sehingga penting untuk mengetahui siklus haid, agar dapat memprediksi tanggal haid berikutnya.  Disarankan melakukan hubungan suami istri secara teratur, 2-3 hari sekali. Juga dianjurkan untuk teratur berolahraga serta menjaga berat badan di kisaran normal.

Apabila bu Yuni akan berkonsultasi sebaiknya datang pada saat haid hari pertama sampai ketiga.  Dianjurkan datang bersama suami, setidaknya untuk kunjungan pertama kali.  Akan lebih baik lagi apabila bu Yuni mempunyai catatan tanggal-tanggal haid, sehingga akan mempermudah penghitungan siklus.


Wassalaamu’alaikum wr. wb.