Pertanyaan:
Assalamualaikum. dok, sy sering mengalami keputihan dgn bau yang tidak sedap & menimbulkan rasa gatal, kemudian beberapa kali sy berhubungan dgn suami sy, sy mengeluarkan darah seperti ketika menstruasi. apakah itu suatu penyakit berbahaya & ke dokter internis atau dokter kandungan sy harus memeriksakan diri?
mohon jawabannya di e-mail. Terima kasih atas jawabannya.
Ny. A.
kE
Jawaban konsultasi:
Wa’alaikum salaam wr. wb
Keputihan yang berbau tidak sedap dan gatal memang mengindikasikan adanya infeksi bakteri dan/atau jamur. Bila infeksinya berlanjut maka akan terjadi iritasi pada dinding vagina. Iritasi ini menyebabkan dinding vagina menjadi rapuh dan mudah berdarah pada saat hubungan intim. Hubungan intim pun jadi terasa nyeri.
Untuk itu sebaiknya ibu berkonsultasi dengan dokter kandungan.  Nantinya, dokter akan mengambil contoh cairan keputihan untuk dianalisa di laboratorium.  Hasil analisa akan menunjukkan penyebab dari infeksi tersebut, sehingga dokter dapat memberikan pengobatan yang tepat sesuai dengan penyebabnya.
Dalam hal ini, suami ibu juga perlu mendapatkan pengobatan, walaupun ia tidak merasakan adanya gejala apa pun. Hal ini penting untuk mencegah fenomena pingpong, yakni suatu keadaan dimana istri yang mengalami keputihan kemudian diobati sampai sembuh dapat tertular lagi dari suaminya yang tidak diobati.  Pada kaum pria, meskipun sudah terkontaminasi jarang sekali menimbulkan gejala sehingga mereka pada umumnya tidak datang untuk berobat.
Demikian jawaban yang bisa saya berikan semoga permasalahan ibu dapat segera terselesaikan.
Wassalaamu’alaikum wr. wb

 159 total views,  1 views today