91 total views,  1 views today

Pertanyaan:
salam. dokter basuki dan dokter prita, [1] Amankah operasi patah tulang dalam kondisi hamil muda? Patah tulang pada lengan kanan dibawah siku dan tulang sendi pada pergelangan tangan menonjol. Patah karna kecelakaan 2 bulan yang lalu. [2] Apakah bisa dengan bius lokal? [3] bius total itu seperti apa, apa pengaruhnya pada janin?.jazakumulloh khoir

Dari : aapriokxxxx@yahoo.com

 

Jawaban :

Assalaamu’alaikum wr. wb

Bapak Asep yth.  Yang disebut dengan hamil muda adalah hamil trimester pertama, yaitu dibawah usia 3 bulan (12 pekan).  Masa itu memang sangat rawan karena merupakan masa pembentukan organ-organ tubuh yang vital.  Misalnya, sistem peredaran darah, sistem persarafan, sistem pencernaan dll.  Dalam masa ini, baik pengobatan maupun tindakan medis yang lain tentu harus dipertimbangkan dengan baik, sejauh apa urgensinya dan sejauh apa tingkat keamanan untuk janin.

Hal yang sama berlaku untuk patah tulang yang dialami oleh istri bapak.  Saran saya, istri bapak sebaiknya diperiksa terlebih dahulu oleh dokter spesialis Orthopaedi untuk menegakkan diagnosa dan sekaligus direncanakan tindakan apa yang harus dilakukan. Apabila dari pemeriksaan tersebut memang diharuskan operasi dan tidak ada alternatif lain, maka akan dokter anestesi akan menentukan metode pembiusan yang paling aman baik untuk janin maupun untuk ibunya.

Silakan datang untuk berkonsultasi ke dokter spesialis bedah tulang (orthopaedi) di Jakarta Islamic Hospital ini.

Terimakasih dan salam untuk istri bapak.

Wassalaamu’alaikum wr. wb

Dr. Prita Kusumaningsih, SpOG