Pertanyaan:
Assalamu’alaikum wr wb

Dear dr. Prita
usia kandungan saya saat ini sudah memasuki pekan ke 34. saya merasa aktifitas bayi saya cenderung di sebelah kanan. karena hal itu, saya sering merasakan sakit di daerah perut bagian atas (abdomen) sebelah kanan..saya agak khawatir, karena disanakan ada organ Hati.karena, kalo bayinya gerak2 jadi sakit dan sakitnya itu kadang suka sampai ke punggung sebelah kanan juga. itu kenapa ya dok?
mohon pencerahannya.
terimakasih

Regard,
Shafiyah

Jawaban :

Assalaamu’alaikum wr. wb
Ibu Shafiyah yang berbahagia,
Alhamdulillah, Allah SWT telah memberikan kesehatan dan kekuatan sehingga selama 34 pekan usia kehamilan ibu mampu menjalaninya  tanpa gangguan yang bermakna.
Ibu Shafiyyah, di usia 34 pekan, memang puncak rahim sedang dalam posisi yang tertinggi, mendekati diafragma.  Hal ini menyebabkan sesak napas saat berbaring telentang, demikian juga gerakan bayi bisa membuat nyeri di perut bagian atas.  Ada pun gerakan-gerakan yang cenderung terasa di sebelah kanan, mungkin karena punggung bayi ibu berada di sebelah kiri sehingga yang berada di sebelah kanan adalah anggota gerak, yakni tangan dan kaki.  Tangan dan kaki merupakan bagian-bagian kecil yang relatif lebih banyak gerakannya.  Namun jangan khawatir
bahwa gerakan tersebut akan mencederai organ tubuh ibu, karena bayi tetap berada di dalam rongga rahim yang dindingnya cukup tebal dan kuat.  Adapun rasa nyeri yang menjalar sampai ke punggung, itu merupakan penjalaran melalui serabut otot.  Nanti di usia 36 pekan ke atas, dimana kepala bayi mulai memasuki pintu atas panggul, desakan di daerah ulu hati akan berkurang sehingga ibu akan merasa lebih nyaman.
Sementara ini cara mengatasinya adalah dengan mencari posisi yang ‘enak’ dan nyaman.  Biasanya dengan berbaring miring ke kiri, dengan menyangga punggung maupun di antara kedua tungkai. Di kala duduk, tegakkan punggung sehingga diafragma menjauhi perut, dan kalau perlu berilah sandaran di kursi.  Kalau ibu membiasakan berkomunikasi dengan bayi, cobalah untuk ‘memberitahu’ bayi supaya tidak terlalu keras menendang perut ibu.
Meskipun demikian, apabila rasa nyeri tersebut terasa terus menerus, dan disertai rasa sebah atau mual, lebih baik ibu segera berkonsultasi kepada dokter.

Wassalaamu’alaikum wr. wb

 605 total views,  1 views today