Pertanyaan:
Assalamu’alaikum Wr. Wb..
dokter Prita yang selalu dirahmati Alloh (insya Alloh).. 🙂
Saya mau tanya dok, tanggal 28 juli 2012 kemarin saya melahirkan dengan operasi caesar, usia kehamilan 32 minggu. Bayi harus dilahirkan karna gawat janin. (Solusio Plasenta). Bayi hanya bertahan 2 hari.
Yang ingin saya tanyakan dok, akhir2 ini ketika berhubungan badan, perut rasanya sakit, seperti tertekan hingga ke ulu hati. kira2 kenapa ya dok? apa itu tdk berbahaya? Apa yg harus saya lakukan?
Jazakillah sebelumnya dok untuk jawabannya.. 🙂

Jawaban :

Assalaamu’alaikum wr.wb

Ibu Mei yang baik, pertama kali ijinkan saya menyatakan simpati dan belasungkawa atas wafatnya ananda.  Solusio plasenta memang sebuah kondisi yang sangat emergensi, namun lahir di usia 32 pekan pun risikonya besar. Dan Allah telah menetapkan keputusanNya dengan memanggil kembali ananda ke pangkuanNya.

Bu Mei, kalau operasi sesar dilaksanakan pada akhir Juli, maka seharusnya setelah 6 pekan (40 hari) dan masa nifas sudah selesai, maka ibu pun sudah boleh memulai kembali aktivitas sehari-hari termasuk aktivitas seksual.  Mungkin saja, di pekan-pekan pertama terasa sesuatu yang kurang nyaman di perut bagian bawah, tempat irisan operasi sesar.  Hal itu disebabkan oleh jaringan penyembuhan yang biasanya lebih kaku dan teregang dibandingkan dengan jaringan normal di sekitarnya.  Namun seiring denan berjalannya waktu keluhan tersebut akan berkurang dan menghilang.  Terkadang, ada juga keluhan kulit terasa tebal dan baal di daerah tersebut. Keluhan ini pun berangsur-angsur akan hilang.

Apabila rasa sakitnya hanya terjadi di saat hubungan intim, mohon dievaluasi lagi, apakah nyeri pada dinding perut atau pada organ di dalam?  Apabila nyeri  berlokasi di organ dalam, dan nyeri yang sama juga timbul saat haid, maka saya anjurkan ibu segera berkonsultasi ke dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut (eksplorasi kemungkinan endometriosis).

Salam

dr. Prita Kusumaningsih, SpOG

 310 total views,  1 views today