140 total views,  1 views today

artikelMemasak adalah kegiatan menyiapkan makanan untuk dimakan dengan cara memanaskan pada bahan makanan agar bahan makanan tersebut bisa dikonsumsi.
Memasak bukanlah hal yang sembarangan, kita perlu tips khusus untuk mengolah suatu bahan makanan khususnya sayuran agar kandungan gizi, vitamin dan mineral tidak rusak. Lalu apa saja tips cara memasak sayuran yang benar dan sehat?
Cara Memasak Sayuran Yang Benar dan Sehat
1. Cuci sayuran dengan air mengalir hingga bersih
Cara ini yang pertama dan harus anda lakukan ketika mau melakukan aktivitas memasak. Untuk jenis brokoli dan sayur jenis dedaunan bisa anda cuci dengan air garam. Sedangkan untuk tomat, wortel, kentang dan sejenisnya dapat dicuci dengan air mengalir. Gosok hingga bersih ya…
2. Memberi sedikit garam dan merica
Bila anda ingin memasak menggunakan teknik mengkukus, hal yang perlu anda lakukan adalah memberi garam dan merica. Kedua bahan tersebut membuat sayuran tidak hambar. Kukuslah kira-kira 5-10 menit saja agar nutrisi tidak rusak.
3. Menumis sayuran
Sayuran seperti kangkung, buncis, taoge, dan sejenisnya sangat direkomendasikan memasak dengan menggunakan teknik menumis. Tumislah sayuran tersebut dalam jangka waktu kurang lebih 3-4 menit, kemudian tutup sebentar sekitar 2 menit. Hasil yang akan di dapat pun renyah dan segar.
4. Merebus sayuran
Panaskan terlebih dahulu air hingga mendidih, jangan pernah memasukkan sayuran ketika air masih dalam keadaan dingin. Waktu yang anda butuhkan untuk merebus sekitar 2-3 menit, kemudian tiriskan.
Itulah sedikit Tips Bagaimana Cara Memasak Sayuran Yang Benar dan Sehat. Makanan yang enak dan sehat tentunya sangat direkomendasikan.

Semoga bermanfaat.
sumber : http://www.kesehatanku.xyz/2014/08/cara-memasak-sayuran-yang-benar-dan-sehat.html