85 total views,  1 views today

Pertanyaan :

Asslmkum. Dr prita, sy mo tanya. Sy ibu menyusui, bayi sy b’umur 4 bln n sy klo pagi smpai siang kerja. Yg sy mo tanyakan
1 gmn dgn bayi sy dbantu susu formula,
2. Gmn dgn produksi asix yg lama kelamaan smkin myusut.
3. D payudrah sy terasa seperti benjolan bgmn cara mghilangkanya.

Jawaban :

Ibu Puji yang baik, Assalaamu’alaikum wr. Wb

Saya ucapkan selamat atas keberhasilan ibu memberikan ASI eksklusif sampai bayi berusia 4 bulan ini.  Saran saya, proses pemberian ASI eksklusif ini ibu lanjutkan selama 2 bulan lagi, sehingga bayi sempurna dalam mendapatkan ASInya.  Sehingga pendapat saya atas pertanyaan ibu adalah :

  1. Saya tidak menyarankan pemberian susu formula.
  2. Produksi ASI terasa menyusut karena berkurangnya frekuensi hisapan bayi selama ibu bekerja.  Karena itu saya sarankan ibu mengonsumsi suplemen untuk memacu produksi ASI, kalau perlu berkonultasi ke dokter untuk masalah ini. Usahakan menyusuibayi lebih sering, guna meningkatkan produksi ASI.  Di kantor, usahakan bisa memerah ASI, baik dengan tangan maupun dengan pompa elektrik/manual.  Saat ini telah banyak dijual perlengkapan untuk  menyimpan ASI perah, agar tetap segar sesampainya di rumah.
  3. Terasa seperti benjolan di payudara, saya duga itu adalah bendungan ASI. Cobalah mengompres payudara dengan air hangat, dan kemudian melakukan masase payudara.  Cara melakukan masase adalah sebagai berikut : lakukan pengurutan dari sisi luar payudara menuju ke arah puting, dilanjutkan dengan gerakan seperti spiral dari arah luar payudara melingkar menuju puting.  Ibu juga bisa belajar masase ini dari buku-buku.

Semoga usaha ibu Puji untuk mempertahankan ASI eksklusif berhasil dan dimudahkan Allah SWT. Bagaimana pun menyusui adalah suatu ibadah karena menjalankan perintah Allah. Bila kita menjalankan usaha ini dengan hati senang dan bahagia, maka Insya Allah hasilnya juga akan baik.  Libatkan suami dan orang tua/mertua untuk proses ASI eksklusif ini. Pastikan mereka semua memberikan dukungannya.

Apabila ibu masih menemui kesulitan, silakan datang langsung ke RSIA JIH untuk berkonsultasi.

Wassalaamu’alaikum wr. wb

dr. Prita, SpOG