Pertanyaan :

Dr Prita, ada yang mau saya tanyakan. Saat ini saya sedang hamil 20 minggu. Baru tadi sore ketika mandi saya sadari jika ketiak sebelah kanan saya agak membesar, namun tidak terasa sakit kalo dipegang dan tidak saya rasakan ada benjolan di dalamnya, cuma memang terlihat lebih besar daripada ketiak sebelah kiri. Apakah ini normal mengingat saya sedang hamil. Apakah saya perlu pemeriksaaan lebih lanjut dengan biopsi atau yang lain. Terima kasih sebelumnya

retnokurnixxxxx@gmail.com

Jawaban :

Assalaamu’alaikum wr.Wb

Ibu Retno, yang sedang resah, kalau membaca gejala-gejala yang ibu tuliskan, nampaknya kondisi yang ibu sangka sebagai benjolan tersebut hanyalah merupakan timbunan lemak. Dan ibu pun sebenarnya sudah menyadari manakala tidak merasakan adanya massa saat meraba bagian yang membesar tersebut. Tubuh ibu hamil memang melakukan penimbunan-penimbunan lemak sebagai persiapan saat melahirkan nanti. Tempat-tempat penimbunannya di antaranya di daerah pinggul, dinding perut, paha, dan dada. Coba ibu teliti, sudah berapa kilogram pertambahan berat ibu selama hamil ini?

Sehingga untuk sementara ini ibu tidak perlu menjalani biopsi atau tindakan khusus lainnya. Namun jangan lupa melaporkan ‘benjolan’ tersebut kepada dokter di saat kontrol kehamilan nanti, agar dokter dapat memeriksa dan memastikan kondisi tidak berbahaya tersebut.

Wassalaamu’alaikum wr. wb

dr. Prita Kusumaningsih, SpOG

 1,771 total views,  1 views today