126 total views,  1 views today

Bagaimana mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang obat dengan benar ?

Simak penjelasan berikut ya . .

  1. Cara paling aman mendapatkan obat adalah dengan membeli di apotek. Penyimpanan di apotek lebih terjamin, sehingga kondisi obat baik saat diterima.
  2. Pastikan apotek yang dikunjungi mempunyai ijin resmi dan ada penanggungjawabnya seorang apoteker.
  3. Saat menerima obat pastikan bahwa jenis dan jumlah obat tersebut sesuai resep, terdapat etiket dosis dan cara dan waktu mengonsumsinya.
  4. Gunakan obat dengan benar. Sesuai aturan yang tertera pada etiket. Khusus obat antibiotik wajib dikonsumsi sampai habis.
  5. Bila timbul reaksi tidak biasa (gatal, kemerahan, bengkak, sesak napas) sesudah mengonsumsi obat segera hubungi dokter atau apoteker.
  6. Jaga obat tidak rusak supaya khasiatnya tetap terjaga. Obat ada yang tidak boleh terpapar sinar matahari. Simpan di tempat sejuk & kering.
  7. Simpan obat di tempat yang tidak terjangkau anak-anak. Sediakan tempat khusus untuk obat supaya tidak tercecer. Tulis indikasi obat pada kemasan.
  8. Obat yang kadaluwarsa harus dibuang. Demikian juga obat yang sudah rusak, berubah bentuk atau berubah warna. Bagaimana cara aman membuang obat?
  9. Jangan membuang obat sembarangan supaya tidak disalahgunakan. Ini cara yg aman : Buka kemasan,rendam obat dalam air sampai hancur atau kubur di tanah.

 Demikian tata cara tentang pengelolaan obat. Mari kita bijak dalam mengonsumsi obat.

 Semoga Allah subhanahu wa ta’ala memberikan kesehatan dan kesembuhan.

 Referensi :

 http://www.kesehatan.kebumenkab.go.id/2015/09/21/dagusibu-dapatkan-gunakan-simpan-buang-obat-dengan-benar/