72 total views,  1 views today

serviks

KANKER SERVIKS

Kanker serviks atau Kanker Leher Rahim (KLR) adalah kanker yang menyerang area mulut atau leher rahim seorang wanita. Penyebabnya berkaitan dengan infeksi Virus Papilloma Manusia (Human Papilloma Virus=HPV). Ini berdasarkan pada kenyataan bahwa virus HPV ditemukan pada 99,7% penderita KLR. Virus yang ditemukan pada KLR adalah HPV tipe 16 dan 18.

Siapa saja yang berisiko terkena KLR ?

  1. Kontak seksual pada usia sangat muda
  2. Bergonta-ganti pasangan seksual
  3. Peroko, aktif maupun pasif
  4. Sering melahirkan
  5. Gizi rendah
  6. Penyakit hubungan seksual, terutama herpes dan HIV
  7. Penggunaan kontrasepsi hormonal yang lama

KLR masih merupakan salah satu penyakit yang banyak merenggut nyawa kaum wanita. Penyebab yang melatarbelakangi kondisi tersebut adalah terlambatnya para penderita mendatangi dokter, sehingga saat ditemukan pertama kali kanker sudah dalam stadium lanjut. Pada tahap awal memang kanker ini tidak menunjukkan gejala yang berarti.

Disinilah pentingnya deteksi dini karena KLR yang ditemukan dalam tahap dini, angka kesembuhannya bisa mencapai 90%. Dengan deteksi dini, kelainan yang masih dalam tingkat perubahan sifat sel sudah bisa diketahui untuk kemudian ditindaklanjuti dengan terapi.

Ada 2 macam deteksi dini yang saat ini dikenal :

  1. Pap Smir

Pap smir dianjurkan dikerjakan setahun sekali oleh wanita yang sudah menikah sampai usia menopouse. Dengan pap smir sel-sel mulut rahim akan diambil dengan spatula lalu dioleskan ke kaca objek untuk selanjutnya diperiksa dibawah mikroskop.

Syarat dilakukannya Pap Smir :

  • Tidak sedang haid atau hamil
  • Tidak sedang menggunakan obat-obatan yang dimasukkan lewat vagina
  • Anjuran untuk tidak melakukan hubungan suami istri pada 24 jam sebelum pemeriksaan

       2. IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat)

Deteksi dini dengan cara IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) ini lebih sederhana dan lebih cepat diketahui hasilnya. Kelebihan IVA dibanding Pap Smir, pemeriksaan IVA tidak memerlukan fasilitas laboratorium patologi dan hasil pemeriksaan dapat diketahui saat itu juga.

Ternyata kanker leher rahim bisa dicegah !

Saat ini telah tersedia vaksin untuk mencegah infeksi HPV yang menyebabkan kanker serviks. Kefektifan vaksin ini sudah terbukti untuk HPV tipe 16 dan 18.

Siapa saja yang bisa memanfaatkan vaksin ini ?

Seluruh wanita dalam rentang usia 10-55 tahun.

Pemberian kepada wanita yang sudah menikah disyaratkan dalam kondisi bebas infeksi HPV, yang dibuktikan dengan pemeriksaan Pap Smir normal, serta dalam kondisi tidak hamil. Diperbolehkan vaksin dalam keadaan menyusui.

Vaksin diberikan sebanyak 3 kali dengan interval 1 bulan dan 6 bulan. Misalnya, bulan Januari vaksin ke-1, maka vaksinasi ke-2 nya di bulan Februari dan vaksinasi ke-3 (terakhir) di bulan Agustus.

Sumber : www.drprita1.wordpress.com

Dapatkan Paket Vaksinasi Ca Serviks ………….!!!!!!!

PAKET VAKSINASI

KANKER SERVIKS

Rp. 2.180.000,-

( Bayar dimuka untuk 3 kali suntik )

BIAYA VAKSINASI SATUAN @ Rp. 810.000,-

Informasi Pelayanan :

021-8402821

Rumah Sakit Ibu Dan Anak Al-Fauzan

( Jakarta Islamic Hospital )

Jl. Pedati No. 3, Kramat Jati, Jakarta Timur

Website : www.jih.co.id