208 total views,  1 views today

Pertanyaan :

assalamualaikum..
dr.Prita,saya mau tanya apakah keluar flek wajar pada kehamilan saya yang pertmaa&baru berusia 6minggu? saya sudah konsultasi ke dokter namun hanya diminta istirahat,setelah istirahat memang tidak keluar lagi,tapi setelah saya kembali aktivitas malah keluar lagi,lalu saya diberi obat penguat.yang mau saya tanyakan:
1.apa saya harus khawatir dengan flek yang keluar jika kelelahan?
2.apa boleh minum obat penguat dalam jangka waktu panjang?
3pada taraf apa flek dikatakan wajar?
terimakasih jawabannya..wassalam..

Ny. ZW

Jawaban :

Wa’alaikum salaam wr. wb
Semoga saat ibu membaca jawaban ini, vlek yang ibu alami sudah berhenti.  Aamiin.
Pada kehamilan, bisa saja terjadi vlek atau dengan kata lain perdarahan.  Apa pun penyebabnya, semua perdarahan sesedikit apa pun sebaiknya diwaspadai.  Karena sebagian besar merupakan pertanda telah terjadi sesuatu dalam kehamilan. Sebab itu, apabila telah diketahui hamil dan kemudian terjadi perdarahan mohon segera mengunjungi dokter atau minimal bidan.
Dokter akan memeriksa melalui USG.  Bisa pencitraan USG lewat perut (transabdominal), namun untuk kehamilan trimester 1 akan lebih jelas dan akurat apabila dilakukan melalui vagina (transvaginal).  Apabila diketahui kehamilan berkembang sesuai usianya, maka akan diberikan obat-obat hormonal sebagai penenang kehamilan (biasa dikenal sebagai ‘obat penguat’).  Namun bisa juga dokter mendeteksi adanya kelainan, seperti misalnya, janin tidak berkembang (blighted ovum), kematian mudigah (death conceptus), hamil anggur (mola hidatidosa), atau hamil di luar rahim (kehamilan ektopik).  Semua kelainan tersebut tentu mempunyai kriteria masing-masing.
Sebagai patokan, usia kehamilan 4-5 minggu sudah bisa dideteksi adanya kantung kehamilan beserta yolk sac (kantung kuning telur sebagai cadangan makanan mudigah) di dalamnya.  Usia 6 minggu sudah tampak mudigah, dan usia 7 minggu sudah terdeteksi adanya aktivitas jantung.  Usia 8 minggu mudigah sudah bergerak.
Menjawab pertanyaan ibu :
1.Tentu saja ibu tidak boleh menganggap enteng adanya vlek.  Karena kehamilan yang normal dan sehat tidak akan berdarah meskipun kelelahan.  Meskipun demikian ada juga sebagian kecil kehamilan yang selalu mengalami perdarahan sedikit2 sepanjang usia kehamilannya.
2. Yang terpenting adalah memastikan bahwa kehamilannya normal. Dalam arti, ada janin yang hidup di dalamnya.  Mengonsumsi obat penguat dalam jangka waktu panjang dikatakan tidak banyak memberi manfaat.
3. Sebagaimana penjelasan di atas, vlek pada kehamilan sebenarnya tidak wajar.
Demikian bu, semoga penjelasan ini bermanfaat

Wassalaamu’alaikum wr. wb.