Pertanyaan:
Asslamu’alaikum…..Saya mau nanya dok. saat ini kehamilan saya memasuki usia 5,5 bulan di perut mulai merasa gatal-gatal, apalagi kalo malam gatalnya mulai terasa sekali, obat atau minyak apa yang boleh di pakai utk mengurangi rasa gatal dok? bolehkah memakai handbody lotion yg dioleskan di perut? dan bolehkan digaruk tp dgn pelan2? Makasih dok. atas jawabannya.

Lukyesi <lukyesi_xx@yahoo.co.uk>

 

Jawaban

Assalaamu’alaikum wr. wb

Terimakasih atas pertanyaannya,bu.

Selamat atas kehamilan pertama yang sudah memasuki trimester 2 ini.  Salah satu ciri kehamilan di trimester 2 adalah pertumbuhan janin yang cukup pesat.  Hal ini berdampak ke ukuran rahim yang dengan cepat membesar.  Membesarnya rahim menyebabkan dinding perut, dalam hal ini kulitnya, mengalami peregangan.  Peregangan tersebut menyebabkan kulit merekah (retak).  Nah, proses retaknya kulit inilah yang menimbulkan rasa gatal.

Untuk mengatasi gatalnya, bisa menggunakan pelembab.  Sebetulnya segala jenis pelembab bisa dipakai.  Namun yang efek melembabkannya cukup tinggi adalah minyak zaitun, VCO, atau bodybutter.  Perekahan kulit juga bisa diikuti dengan munculnya  garis-garis berwama merah kehitaman di dinding perut.  Inilah yang dinamakan striae gravidarum (stretchmark).  Kalau striae ini muncul karena efek hormonal.  Ada juga sediaan krim yang bisa mencegah/menghambat timbulnya striae baru.  Krim tersebut bisa ibu dapatkan di apotik JIH.  Namun demikian krim tidak bisa menghilangkan striae yang sudah terlanjur timbul.

Apakah boleh menggaruk  saat merasakan gatal? Tentu saja boleh.  Namun agar tidak menimbulkan luka atau lecet, disarankan tidak menggaruk dengan kuku melainkan digosok saja dengan telapak tangan.  Dan perlu diketahui bahwa tidak ada kaitannya antara menggaruk dengan timbulnya striae yang saya maksud di atas.

Untuk mengetahui permasalahan apa saja yang mungkin dirasakan/timbul selama kehamilan, ibu dapat membacanya di buku saya yang berjudul “Menghamparkan Surga di Rahim Bunda” terbitan Qultum Media. Buku tersebut dapat dibeli di JIH atau di toko-toko buku.

Semoga kehamilan ini menyenangkan.

Wassalaamu’alaikum wr. Wb

Dr. Prita Kusumaningsih, SpOG

 197 total views,  1 views today