164 total views,  1 views today

Pertanyaan :

Dear,
dr.Prita Kusumaningsih, SpOG
Assalamu’alaikum wr wb
Saya pernah mengalami keguguran pd bulan Oktober’11, saat itu saya dikuret dlm umur kehamilan menginjak 9 minggu. Dulu pertama kali saya tespek hasilnya terdapat 2 garis tp garis yg satunya(garis positif) terlihat samar.
Saya priksa kedokter kandungan dan dinyatakan positif dan saya diberi obat penguat kandungan karna saat itu saya sempat flek.
Sekarang setelah 4 bln saya tespek lagi dengan hasil tespek terdapat 2 garis dan garis positifnya tdk nyata kembali. Saya dpt rekomendasi dari teman untuk priksa ke dr.Prita diJIH tp saya harus menunggu 4 hr kedepan utk bertemu dr.Prita.
Karna saya tdk sabar menunggu tgl 25 Februari’12 saya kedokter kandungan dekat dari rmh. Saat itu saya langsung diUSG transvaginal, saya sangat kaget karna dokter bilang belum ada apa2 dirahim saya dan tespek yg saya lakukan dia bilang blm tentu positif. Walaupun haid trakhir saya tgl 16 Januari’12 tp mnurut dokter itu kmungkinan kl saya hamil usianya br skitar 1 atau 2 minggu dan jika dlm wktu 2 minggu saya blm haid saya disarankan kembali kesana utk USG lagi.
Saya masih trauma dengan kejadian 4 bln silam, saya mohon saran dari dr.Prita untuk masalah saya.
Terima kasih,
Ny. I
Jawaban :
assalamu’laikum wr. wb
Ibu Indriani, apabila seseorang menyadari haidnya terlambat maka sesungguhnya telah terjadi kehamilan berusia 2 minggu di dalam rahimnya.  Dan buah kehamilan (sel-sel trofoblast) tersebutlah yang memroduksi hormon BHCG sehingga memberikan hasil positif di kit test kehamilan.
Kehamilan di usia kurang dari 4 minggu pada pemeriksaan USG transvaginal terkadang belum memberikan gambaran khas, yaitu adanya kantung kehamilan.  Awalnya yang terdeteksi adalah pembesaran rahim, dan dibarengi dengan penebalan lapisan endometrium yang dikenal dengan istilah desidualisasi.  Setelah itu baru tahapan membentuk kantung kehamilan.
Sehingga, apabila pada pemeriksaan dokter dikatakan ‘belum ada apa-apa’ di dalam rahim, maka hal itu mungkin-mungkin saja.  Karena itu, ada benarnya anjuran dokter untuk kembali lagi untuk pemeriksaan USG ulangan setelah 2 minggu.  Harapannya, setelah 2 minggu akan tampak gambaran kantung kehamilan, yang merupakan konfirmasi positif atas hasil test kehamilan yang telah dilakukan sebelumnya.
Rasa trauma karena mengingat pengalaman kehamilan sebelumnya itu merupakan hal yang wajar.  Namun hendaknya tidak berlebihan.  Jalanilah masa menunggu ini dengan bersikap tawakkal dan penuh syukur, karena ibu diberikan kehamilan dalam waktu yang tidak lama setelah keguguran.  Namun demikian,apabila diinginkan ibu dapat meminta dilakukan test laboratorium semisal paket TORCH (Toxoplasma, Rubella, Citomegalo virus, Herpes Simplex virus) atau yang lain untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam kehamilan yang sekarang.
Demikian informasi yang saya berikan, bu. Semoga ibu menjadi lebih jelas mengetahuinya.