Mudik menjadi tradisi yang tidak terpisahkan menjelang Idul Fitri. Namun ada kalanya pemudik abai terhadap kesehatan ketika hendak mudik.

Menurut dr Hutri Mahardiaka dari RSIA Al-Fauzan, selain memastikan keamanan kendaraan, tentunya kesehatan pemudik juga harus tetap dijaga. Menjaga kesehatan termasuk poin penting dalam mempersiapkan perjalanan.

“Secara umum pastikan sehat dulu, jangan lupa istirahat juga,” kata dr Hutri, disimak dari Instagram Live akun @rsalfauzan,
Berikut tips yang bisa diterapkan pemudik agar tetap sehat selama perjalanan sampai tiba di tujuan:

1. Pastikan tubuh fit sebelum mudik

Pastikan tubuh benar-benar fit dan sehat. Sebelum mudik, sebaiknya istirahat dulu di rumah. Tujuannya untuk menyiapkan energi dam stamina yang bagus.

Orang dengan riwayat kesehatan, seperti diabetes, hipertensi juga sebaiknya kontrol dulu ke dokter untuk memastikan kondisi stabil atau tidak. Selain itu, bawa obat-obatan pribadi yang sebelumnya rutin dikonsumsi.

2. Jangan lupa istirahat

Sebelum mudik, sebaiknya istirahat untuk mempersiapkan stamina. Melakukan perjalanan jauh dalam kondisi lelah tidak akan nyaman, kecuali jika Anda tidak naik kendaraan pribadi.

Jangan karena ingin cepat sampai, pemudik yang mengemudi kendaraan sendiri enggan beristirahat. Setidaknya lakukan istirahat setiap tiga hingga empat jam, dengan durasi setengah jam atau lebih.

Selama istirahat, bisa melakukan pemanasan (stretching) agar mencegah kekauan dan ketegangan otot. Gerakannya bisa dengan mengangkat kepala selama delapam detik, lalu ke bawah dan juga samping. Bagian pergelangan kaki juga bisa digerakan.

3. Perhatikan nutrisi

Pemudik bisa mengonsumsi makanan yang mengenyangkan seperti mengandung karbohidrat. Tetapi jangan asupan yang memicu asam lambung terutama bagi penderita maag.

“Harus dijaga yang bersantan, asam, pedas, sebaiknya harus dihindari, takutnya makan pedas jadi diare karena nggak tahan,” kata dr Hutri.

Dia juga tidak menganjurkan kopi karena bisa memicu asam lambung kecuali diawali dengan makan terlebih dahulu. Minum air putih juga bisa mengatasi kantuk karena kekurangan oksigen atau dehidrasi juga lebih berbahaya.

Disarankan pula untuk membawa bekal sendiri. Pasalnya jika jajan sembarangan, belum tentu makanan itu higienis.

4. Pakai bantal

Memakai bantal di bagian punggung dan leher juga bisa dilakukan untuk mencegah pegal-pegal. Saat kaki bengkak, bisa dikompres air es dan istirahat terlebih dulu.

5. Bawa obat atau vitamin

Pemudik dapat membawa obat-obatan yang biasa rutin dikonsumsi. Namun juga perlu diingat tidak mengonsumsi obat yang menimbulkan efek samping mengantuk. Membawa multivitamin juga tidak ada salahnya untuk mendukung nutrisi yang dibutuhkan.

 145 total views,  1 views today