95
Oleh : adminfaiz 26 - May - 2020 0 Komentar

MELAKUKAN PEMERIKSAAN DAN PERAWATAN GIGI & MULUT
PADA MASA KEHAMILAN

oleh drg. Cerry Puspa Sari

 

 

Tindakan pencegahan, deteksi dini, dan penanganan pada waktu yang tepat merupakan aspek penting bagi kesehatan rongga mulut di masa kehamilan.Setiap ibu hamil harus melakukan pemeriksaan gigi dan mulut serta mendapatkan edukasi terkait instruksi kebersihan mulut secara teratur dan konseling diet untuk mengurangi konsumsi makanan manis. Selain itu, ibu hamil juga dapat melakukan perawatan gigi dan mulut jika diperlukan.Pemeriksaan dan perawatan ini tidak membahayakan (selama trimester 2 dan pertengahan trimester 3) dibandingkan dengan membiarkannya tidak dirawat.

 

 

 

 

Waktu yang tepat melakukan perawatan gigi& mulut selama kehamilan

Untuk perawatan darurat, dapat dilakukan kapanpun selama kehamilan ketika diindikasikan, yaitu ketika penundaan perawatan akan menimbulkan risiko bagi ibu dan janin.

Untuk perawatan yang tidak tergolong darurat, periode ideal dilakukan pada trimester kedua (kehamilan 14-27 minggu). Pada tahap ini tidak ada risiko teratogenesis (kerusakan pada janin) karena masa pembentukan organ janin telah selesai, mual dan muntah telah hilang, dan janin belum terlalu besar sampai menimbulkan ketidaknyamanan. Namun untuk perawatan rekonstruksi besar seperti pembuatan gigi palsu harus ditunda sampai kehamilan selesai.2

Untuk memelihara kesehatan rongga mulut, tindakan pembersihan karang gigi dapat dilakukan kapanpun. Namun untuk prosedur perawatan gigi lainnya (penambalan gigi, pencabutan gigi) dilakukan pada trimester 2.

 

Tatalaksana perawatan gigi dan mulut selama kehamilan

Trimester 1

Periode ini bukan waktu yang tepat untuk melakukan perawatan gigi.Selama periode kehamilan minggu ke-4 sampai minggu ke-10, janin berada dalam tahap pembentukan organ dan adanya gangguan di periode ini dapat menyebabkan malformasi (kelainan pada janin) serta terjadinya abortus/keguguran.

Anjuran bagi ibu hamil terkait perawatan gigi dan mulut di dokter gigi:

  1. Memperoleh edukasi terkait perubahan kondisi mulut selama kehamilan
  2. Menekankan upaya pemeliharaan kebersihan mulut
  3. Membatasi perawatan pada tindakan pembersihan plak gigi dan perawatan darurat saja
  4. Hindari prosedur perawatan gigi yang tidak bersifat darurat

 

Trimester 2

Pada kehamilan minggu ke 14-27, janin telah tumbuh dan mengalami pematangan. Yang perlu diingat adalah bahwa di trimester ini, fase pembentukan gigi pada janin dimulai dan rentan mengalami malformasi/kelainan ketika mendapatkan gangguan.

Umumnya perawatan gigi dan mulut paling baik dilakukan di trimester 2 dan setengah trimester 3. Tujuannya adalah mengontrol penyakit aktif dan menghilangkan masalah yang berpotensi di sisa waktu kehamilan.

Anjuran bagi ibu hamil terkait perawatan gigi dan mulut di dokter gigi:

  1. Pemeliharaan kebersihan mulut
  2. Pembersihan karang gigi dapat dilakukan jika perlu
  3. Kontrol penyakit aktif di dalam mulut jika ada
  4. Perawatan yang tidak tergolong darurat aman dilakukan (penambalan gigi, pencabutan gigi)

 

Trimester 3

Merupakan periode kehamilan minggu ke-28 sampai melahirkan.Waktu yang dianjurkan untuk melakukan perawatan gigi dan mulut adalah pertengahan awal trimester 3. Setelah melewati waktu pertengahan trimester 3, tidak dianjurkan melakukan perawatan gigi. Masalah di periode ini adalah ketidaknyamanan karena janin yang sudah mulai membesar. Selain itu, tekanan pada kantung kemih dapat meningkatkan keinginan untuk buang air kecil, sehingga dapat mengganggu jalannya perawatan karena tidak dapat dilakukan dalam jangka waktu yang panjang.

Anjuran bagi ibu hamil terkait perawatan gigi dan mulut di dokter gigi:

  1. Pemeliharaan kebersihan mulut
  2. Pembersihan karang gigi dapat dilakukan jika perlu
  3. Penyakit mulut yang aktif harus dikontrol
  4. Perawatan yang tidak tergolong darurat aman dilakukan, tetapi hindari melakukan perawatan di periode pertengahan akhir trimester 3.

 

 

Referensi

  1. Noble S L. 2012. Clinical Textbook of Dental Hygiene and Therapy. 2nd John Wiley & Sons, Ltd. UK
  2. Skouteris CA. 2018. Dental Management of the Pregnant Patient. 1st John Wiley & Sons, Inc. UK
  3. Naseem M, dkk. 2016. Oral Health Challenges in Pregnant Women: Reccomendations for Dental Proffessionals. The Saudi Journal for Dental Research vol. 7: 138-146.
  4. Silk H. 2008. Oral Health during Pregnancy. American Family Physician vol. 77 (8).

404

| 1. Biaya Admin & Konsultasi Dokter Spesialis 265K | 2. Tindakan Dokter Spesialis 350K | 3. Tarif Operasi One Day Care Surgery (Paket Operasi Sehari) mulai dari 6.750K (termasuk obat)*| 4. Tarif USG 4D 600K (Promo Diskon 50% bagi yang sudah 3 kali konsul dokter) | 5. Tarif USG Otot 150K | Kami Melayani Pemeriksaan Sendi Lutut dan Otot Bagi Para Jamaah Haji dan Umroh | Melayani Panggilan Khitan di Rumah, Info & Pendaftaran : 0812 8427 0204. Jadwal Dokter Spesialis : Spesialis Orthopaedi – Senin s/d Jum'at Pukul : 16.00 – 19.00 Sabtu dengan perjanjian, Spesialis Kebidanan dan Kandungan – Senin s/d Sabtu, Spesialis Anak – Sabtu, Spesialis Penyakit Dalam – Senin dan Selasa Pukul : 10.00 – 11.00, Poli Gigi - Setiap hari Senin, Selasa,  Kamis dan Jum'at, I G D  |  Fasiltas dan Pelayanan di RSU Al-Fauzan (Jakarta Islamic Hospital) :  Spesialis Penyembuhan Luka Diabetes - Hotline 0812 8427 0204, Poli Umum, Poli Gigi, Poli Spesialis : Spesialis Kebidanan dan Kandungan (dengan dokter perempuan), Jadwal Poli Laktasi: Senin 11.00 s.d 12.00, Rabu 12.00 s.d 13.00, dan Sabtu 11.00 s.d 12.00, Spesialis Anak, Spesialis Bedah Tulang, Bedah Umum dan Spesialis Penyakit Dalam, Rawat Inap, Persalinan 24 Jam, Apotek 24 Jam, Laboratorium 24 Jam, Radiologi, Senam Hamil. Pelayanan unggulan RSU Al-Fauzan (Jakarta Islamic Hospital) : Pelayanan USG 4 Dimensi dengan harga terjangkau hanya dengan Rp. 500.000,- , Program Inseminasi Intra Uterin Rp. 4.500.000,-, Khitan Smart Klamp Rp. 1.800.000,- (bonus Celana sunat), pelayanan perawatan luka, USG OTOT, SENDI, TULANG dan SARAF, Alat-alat Orthopedi, MCU... Info Lebih Lanjut hubungi kami di (021) 8402821.