Jakarta, Dalam rangka meningkatkan derajat dan kualitas kesehatan masyarakat, upaya edukasi terus dilakukan oleh Rumah Sakit Ibu dan Anak Al Fauzan dalam Program Nasional Pemerintah.

Untuk menghindari berbagai permasalahan kesehatan akibat kekurangan gizi, sangat penting bagi orang tua dalam memperhatikan asupan makanan anak sejak dini. Salah satu cara memastikan anak cukup asupan gizi dengan memperhatikan tinggi badan. Jika anak lebih pendek dari teman seusianya, bisa jadi anak memiliki masalah dengan pemenuhan gizinya.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah 5 tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Kekurangan gizi terjadi sejak bayi dalam kandungan pada masa awal setelah bayi lahir akan tetapi, kondisi stunting baru nampak setelah bayi berusia 2 tahun. Stunting juga merupakan masalah kesehatan nasional. Untuk itu, perlu digiatkannya penyebaran informasi yang dapat dilakukan melalui metode penyuluhan mengenai pencegahan stunting dengan imunisasi dan 1000 Hari Pertama Kelahiran (HPK).

Pada 22 Februari 2024, penyuluhan dilaksanakan dengan sasaran berupa ibu atau orang tua yang memiliki anak usia baduta (0-24 bulan) maupun balita yang menjadi cakupan imunisasi BIAN dan kader kesehatan wilayah Posyandu RW 07 , Kelurahan Kp. Tengah, Kramatjati Jakarta Timur. Tujuan dari penyuluhan ini yaitu untuk memberikan informasi mengenai stunting, seperti bahaya, dampak, penyebab, ciri-ciri, dan cara pencegahan. Rosmini Hutabarat, A.Md.Keb juga menjelaskan terkait hubungan imunisasi dan 1000 HPK dengan stunting sebagai upaya pencegahannya. Penyuluhan dilaksanakan pada kamis pagi dengan dihadiri orang tua anak yang berjumlah 20 orang. Sepanjang kegiatan, peserta mendengarkan serta menyimak materi dan penjelasan yang diberikan Rosmini Hutabarat, A.Md.Keb. Hanya saja, penjelasan tersebut seringkali teralihkan oleh beberapa orang tua yang membawa anaknya karena harus menenangkan sang buah hati.

“Penting bagi ibu hamil untuk mengetahui mengenai stunting. Karena sebelum hamil, status gizi ibu harus dijaga untuk kecukupan nutrisinya” ucap bidan Rumah Sakit Ibu dan Anak Al Fauzan.

Stunting merupakan ancaman utama terhadap kualitas manusia Indonesia, juga ancaman terhadap kemampuan daya saing bangsa. Dengan dilakukannya penyuluhan stunting tersebut, diharapkan para orang tua dapat menyadari tentang pentingnya pemenuhan gizi dan meningkatkan kualitas kesehatan anak demi terhindar dari stunting.

 12 total views,  1 views today