235 total views,  1 views today

Pertanyaan:
Aslkm dok,
saya udh telat 1 minggu, dan 2x tespack positif, akhir2 ini, perut saya terasa tegang, kembung, dan sebelah kanan perut nyeri, kenapa ya?

Ny. D.F.

Jawaban :

Assalaamu’alaikum wr. wb
Pertama kali saya ucapkan selamat dan barakallah atas anugerah kehamilan yang didambakan ini.
Untuk langkah pertama, bisa mengunjungi dokter kebidanan agar dipastikan bahwa memang telah terjadi kehamilan dan kehamilan tersebut adalah kehamilan di dalam rahim (tampak kantung kehamilan di dalam rahim).
Ibu Diana, memang kehamilan muda yang membawa begitu banyak perubahan hormonal bisa menimbulkan berbagai macam ‘rasa’.  Contohnya, seperti yang ibu rasakan sekarang, yaitu kembung, tegang di perut, nyeri perut, dsb.  Semuanya masih dalam batas kewajaran kalau intensitasnya tidak hebat dan dirasakan hanya kadang kala saja
Untuk meringankan gejala, hindarilah mengangkat barang-barang berat, dan meminimalkan naik turun tangga.  Bila memungkinkan, mohon untuk sementara tidak melakukan sanggama dulu. Sementara itu, di bagian perut yang nyeri boleh digosok obat luar.  Tapi sama sekali tidak boleh melakukan pijat atau urut perut dengan dalih apa pun!
Namun apabila rasa nyeri dirasakan terus menerus tanpa jeda, rasa nyeri disertai keluar darah dari vagina, atau rasa nyeri disertai demam/ tidak enak badan, mohon ibu segera berkonsultasi kepada dokter.
Terimakasih atas kunjungan ke laman ini.

Wassalaamu’alaikum wr. wb